Filosofi hidup yang harus kamu tahu.

Konten [Tampil]
Filosofi hidup dan ajaran moral yang harus kamu tahu, agar hari-harimu jadi semakin bersemangat.

Filosofi hidup sering digunakan sebagai pedoman dalam mengarungi kehidupan. Rasanya tidak ada orang yang hidup tanpa pegangan dan pedoman. Entah dari sisi filsafat agama maupun dari sisi filosofis lainnya, pasti ada yang menjadi pemandu arah agar hidup jadi lebih baik.

Di artikel kali ini, kang wiwid ingin mengupas tuntas filosofi hidup manusia yang sangat penting untuk kamu ketahui. Filosofi yang akan saya jabarkan disini, sangat berguna untuk meraih kedamaian hati, ketentraman dalam keluarga, kesuksesan, dan bijak dalam berpikir.

Belajar Filosofi Hidup


Banyak orang sukses mempunyai pedoman dalam hidupnya yang digunakan sebagai alat agar lebih mawas diri. Setiap orang pasti juga ingin meraih kesuksesan dan peluang untuk bisa berhasil masih terbuka lebar. Nah, itulah pentingnya kita semua tahu filosofi apa yang tepat untuk hidup kita. 

Di masing-masing sub judul di artikel ini, membawa kamu menuju penjelasan lebih detail mengenai topik dari sub judul tersebut. Keterangan dibawahnya hanya ulasan sederhana yang sengaja saya tuliskan sebagai pegantar penjelasan yang lebih detail di dalamnya.

Harapan kang wiwid, semoga artikel ini memberikan wawasan baru untuk teman-teman semua dalam mempelajari filosofi hidup yang sangat penting untuk pengembangan diri kita.

Filosofi kehidupan

filosofi kehidupan

Pernah gak teman-teman mengamati keadaan di sekitar kita? Gak harus keadaan yang bagaimana sih, tetapi apa yang ada di sekitar kita. Yang paling dekat dengan kita ya, rumah kita. Bagaimana kondisi isi dalam rumah kita dan diluar rumah.  

Pernah gak, mengamati apa yang ada di dalam rumah, misal sapu, lampu, keran air, dan sebagainya. Filosofi dari barang-barang di dalam rumah kita, memiliki makna yang sangat mendalam. Pasti pada gak memperhatikan ya..hehe

Apa aja yang ada di halaman juga memiliki makna filosofi yang begitu dalam. Misalnya pohon, pagar rumah kita, jalanan depan dan belakang rumah, dan yang lain.

Filosofi kehidupan merupakan buah dari pengamatan apa saja yang ada di sekitar kita. Nah, buat kamu yang masih terlalu asik dengan dirimu sendiri, mulai sekarang coba amati lingkungan sekitarmu, banyak pelajaran hidup yang bisa kamu dapatkan disana. 

Filsafat hidup

filsafat hidup

Setiap orang pasti mempunyai tujuan yang ingin dicapai dalam hidup kali ini. Terlepas ada yang gagal atau belum tercapai apa yang di inginkan, itu sebuah kewajaran. Tetapi pasti kalian semua sepakat, tidak ada orang yang mau hidupnya tidak tentu arah.

Tujuan hidup inilah yang membedakan antara manusia dan hewan. Hewan tidak memiliki tujuan hidup seperti manusia, mereka hanya mengikuti naluri alami yaitu meneruskan keturunan. Tidak ada hewan yang berpikir untuk membangun sebuah rumah tangga, mendirikan perusahaan, dan merencanakan kehidupan dengan matang.

Filsafat hidup lah yang menuntun manusia untuk memiliki keinginan, kehendak, dan harapan untuk hari esok yang lebih baik. Bukan hanya memiliki impian dan cita-cita saja, tetapi juga memiliki pemikiran bagaimana cara mewujudkan dan meraihnya. 

Ajaran moral dan filosofi hidup orang jawa

filosofi hidup orang jawa

Kita sering mendengar nasehat orang jawa yang cukup terkenal dimana-mana. Bahkan bisa dibilang, pitutur dan ajaran moral dari orang jawa ini, tiidak hanya relevan diterapkan dalam hidup orang jawa saja. Tetapi juga bisa digunakan oleh seluruh orang di bumi ini.

Ajaran-ajaran bijaknya selalu membawa pemikiran untuk memacu kehidupan agar lebih baik di masa akan datang. Melalui perubahan sikap dan perilaku hidup sehari-hari, kita akan menemukan kedamaian tertinggi dalam hidup.

Banyak falsafah hidup orang jawa yang bisa kita terapkan dalam hidup sehari-hari. Contohnya, becik ke titik olo ketoro, memiliki makna sepintar apapun perbuatan burukmu kamu tutupi, pasti akan diketahui orang lain pada akhirnya nanti. Sebaik apapun perbuatanmu, meski tidak kamu tunjukkan ke orang lain, pasti akan diketahui juga. 

Filosofi kehidupan sehari hari

filosofi kehidupan sehari-hari

Setiap hari, kamu pasti melihat-lihat media sosialmu kan? Ada begitu banyak kata kata bijak disana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari kita. Bahkan kata kata yang nyeleneh dan bernada humor pun, jika diresapi, maknanya begitu mendalam.

Kata kata adalah senjata ampuh tidak hanya untuk membuat orang lain bahagia, tetapi bisa membunuh juga. Untuk itulah pentingnya menjaga mood kita agar selalu menjaga kata kata dalam menjalani hidup sehari-hari. 

Memilih kata kata yang tepat untuk membangkitkan semangat dalam hidup, menjadi sangat penting. Mungkin tidak terlalu disadari oleh sebagian dari kita, tetapi dampak yang ditimbulkannya sangat dahsyat.

Filosofi hidup sederhana

filosofi hidup sederhana

Siapa bilang hidup sederhana tidak lebih baik dibanding hidup yang berkemewahan? Faktanya orang yang menerapkan prinsip hidup sederhana memiliki kebahagiaan yang lebih dibanding orang yang hidup dibalik gemerlap harta yang dipunya.

Kesederhanaan mengajarkan kita pada sikap dan sifat tahu batas. Batas sebagai manusia yang sebenarnya tidak harus mempunyai materi berlebih. Kesederhanaan membuat hidup kita jadi lebih rendah diri dan rendah hati. 

Jika kita teliti lebih dalam lagi, banyak orang-orang kaya yang menerapkan filosofi hidup sederhana. Bahkan orang se kaya bos jarum saja, hidupnya sangat sederhana sekali. Tidak ada yang menyangka kalau beliau adalah orang terkaya di Indonesia. 

Filosofi hidup dari alam

filosofi hidup dari alam

Alam mengajarkan kita soal pamrih. Sedikit pun alam tak pernah meminta pamrih kepada manusia dan mahkluk lainnya. Mereka tak pernah menuntut balas jasa atau balas budi, seperti yang dilakukan manusia, pada umumnya.

Alam mengajarkan kita sikap hidup tentang kebermanfaat kita untuk lingkungan sekitar kita. Air yang mengaliri sawah, pohon yang memberikan nafas untuk alam, semua itu pelajaran hidup yang jika kita terapkan, akan membawa kedamaian untuk semua mahkluk.

Bahkan mereka tak pernah membalas ketika disakiti. Hutan dirusak, air dibikin tercemar, dan kegiatan lain yang membuatnya kering dan akhirnya mati. Filosofi hidup dari alam, adalah jawaban untuk masa depan generasi kita bisa tetap menatap cakrawala. 

Filosofi hidup sukses

filosofi hidup sukses

Filosofi ini megajarkan kepada kita bagaimana orang sukses menjalani hidupnya. Bagaimana mereka bersikap, berpikir, bertindak hingga akhirnya bisa menjadi orang yang sukses. Kesuksesan memang bukan sesuatu yang instant, tetapi harus diupayakan.

Semua orang pasti ingin mempunyai kehidupan yang sukses. Sukses disegala bidang dan segala hal. Sukses meniti karir, sukses membina keluarga, sukses mendidik anak, sukses di masyarakat, dan sukses mencapai cita-cita.

Kesuksesan hanya bisa dicapai dengan usaha yang ekstra dan semangat pantang menyerah. Semua orang memiliki pendirian dalam hidup yang akan menentukan ke arah mana hidup menuju.

Filosofi kehidupan cinta

filosofi kehidupan cinta

Jika berbicara soal cinta, ada satu nama yang sangat dikenal oleh manusia sepanjang masa. Dialah sang maestro cinta, Khalil Gibran. Karya tentang cinta yang dihasilkan dan dilahirkan dari pengalaman pribadinya, sangat menggugah hati.

Kata kata tentang cinta dan kehidupan menjadi sebuah drama indah yang dia mainkan. Khalil Gibran sangat menginspirasi banyak orang, baik kaum muda maupun yang tua. Membahas masalah cinta memang tidak pernah ada matinya dan selalu ada pelajaran yang bisa diambil darinya.

Cinta itu bertumbuh. Cinta adalah tunas pesona jiwa, jika tunas tidak terccipta dalam sesaat, maka dia tidak akan tumbuh selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad. Itulah salah satu penggalan kalimat cinta yang lahir dari pemikiran Khalil Gibran.

Filosofi perjalanan hidup

filosofi perjalanan hidup

Hidup adalah sebuah perjalanan panjang yang penuh liku-liku. Perjalanan yang mendewasakan kita sebagai pelakunya. Manusia harus melakukan perjalanan hidup agar terbuka segala pemikiran dan pandangan tentang hidup itu sendiri.

Perjalanan hidup yang panjang membuahkan ketajaman dalam berpikir dan bertindak. Kesalahan demi kesalahan yang telah dilalui, menjadi penguat dalam langkah selanjutnya untuk menemukan kebahagiaan sejati.

Tanpa ada pengalaman yang kita lalui, tak ada juga kenangan dan motivasi untuk menghadapi masa depan yang penuh misteri. Berjalanlah tanpa ragu, tanpa rasa takut akan sebuah kegagalan, karena dari sana kita dituntun menuju kesuksesan.

Filosofi jawa tentang kehidupan

filosofi jawa tentang kehidupan

Menurut saya, kehidupan itu seperti padi yang kita tanam, seperti sayur yang kita siram. Belajar kehidupan darinya, akan membuat kita lebih bijak dalam menyikapi segala persoalan yang kita alami.

Sopo nandur bakal ngunduh, merupakan filosofi universal, tak lagi menjadi milik orang jawa. Siapa menanam pasti akan menuai hasilnya. Bagaimana kita merawat dan menjaga apa yang kita tanam, menjadi faktor penting yang akan menentukan hasil akhirnya.

Contoh diatas hanya salah satunya saja. Masih banyak filosofi jawa tentang kehidupan yang bisa kita pelajari makna dan arti sebenarnya.

Contoh filosofi hidup

contoh filosofi hidup

Ada banyak sekali contoh - contoh filosofi dalam hidup yang bisa diambil baik dari buku, internet, maupun penuturan langsung dari orang tua atau guru kita. Mana yang mau digunakan, tergantung perasaan dan felling teman-teman semua, darimanapun sumbernya selama mengarah ke kebaikan, oke lah.

Namun, untuk mengetahui apakah contoh yang diberikan adalah sebuah contoh filosofi hidup, ada baiknya kita mengetahui apa itu filosofi. Pengertian, makna, tujuan dan fungsi filosofi dalam hidup.

Filosofi tentang kehidupan

filosofi tentang kehidupan

Ada ratusan bahkan ribuan filosofi tentang kehidupan yang bisa kita temukan. Mana yang sesuai dengan hidup kita, jangan sampai teman-teman bingung untuk memilihnya.

Bagaimana manusia memulai kehidupan, menghadapi problematika hidup yang dialami, mengalahkan rasa ego dalam diri. Inti pokok dari semuanya adalah untuk menemukan kedaimaian dalam diri manusia itu sendiri.

Keluarga harmonis, mendapatkan rasa bahagia secara pribadi, kiat menghadapi persoalan yang ringan maupun yang berat. Itulah salah satu alasan orang mencari filosofi sebagai kompas dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Filosofi kehidupan jawa

filosofi kehidupan jawa

Orang jawa sangat mengenal ajaran moral maupun falsafah yang selalu digunakan sebagai rambu-rambu kehidupan. Ada banyak contoh filosofi kehidupan orang jawa yang bisa kita petik maknanya.

Hal ini bukan karena sebab, alasan utamanya adalah berasal dari latar belakang geografi dan peradaban masyarakatnya. Sumber utama berasal dari kerajaan yang kita kenal sampai sekarang.

Ada kerajaan paling besar di jamannya, yaitu majapahit di jawa timur. Kerajaan di jogjakarta, kerajaan di surakarta (solo), kerajaan di demak, kerajaan di cirebon, dan sebagainya. Karena alassan inilah, filosofi hidup masyarakat jawa sangat banyak dan terkenal se nusantara. 

Filosofi hidup bahagia itu sederhana

bahagia itu sederhana

Setiap orang pasti ingin bahagia, tidak ada satu orang pun yang ingin kehidupannya menderita. Ukuran bahagia bagi masing-masing orang berbeda-beda. Tidak ada yang benar-benar persis sama.

Ada yang bahagia jika punya uang banyak. Ada juga yang bahagia meski tidak memiliki uang sebanyak orang kaya di indonesia. Bahagia itu relatif, tergantung tujuan hidup masing-masing orang.

Bahagia itu sederhana, tidak rumit dan tidak susah untuk mencapainya. Di bagian ini, kita akan membahas konsep filosofi hidup sederhana.

Filosofi kopi tentang kehidupan

filosofi kopi

Siapa yang tidak kenal kopi? Semua orang pasti tahu meskipun tidak semua orang menyukai kopi. Dari secangkir kopi bisa menjadi filosofi yang memiliki makna mendalam.

Dilihat dari jenisnya, ada berbagai macam jenis kopi. Mulai dari Arabika, Robusta, Liberika. Itulah 3 jenis kopi yang dikenal di Indonesia. 

Filosofi kopi menjadi sangat terkenal karena dari proses tanam kopi, perawatan kopi, panen kopi, pengolahan kopi, penyajian kopi, semuanya menandung filosofi yang mendalam. 

Penutup :


Sampai disini dulu Pembahasan tentang filosofi hidup yang akan membawa kita menjadi manusia yang lebih baik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman semua.
wiwid kurniawan Seorang Blogger pemula yang belajar merangkai kata kata sederhana

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Filosofi hidup yang harus kamu tahu."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel