Gaya hidup manusia jaman sekarang ?

Konten [Tampil]
Mata-hati-manusia


Arti kata Gaya Hidup menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah polah tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di masyarakat. 

Menurut Wikipedia, Gaya hidup adalah bagian sekunder manusia yang bisa berubah tergantung jaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya.

Istilah gaya hidup, pada awalnya dibuat oleh psikolog Austria Alfred Adler, pada tahun 1929. Sejak tahun 1961 pengertiannya yang lebih luas mulai digunakan sampai hari ini.

Dari dua pengertian diatas, dapat kita lihat dan pahami bahwa gaya hidup merupakan kebutuhan sekunder yang secara fungsi hanya sampingan saja. Dilihat menurut sifatnya, bisa berubah sesuai jaman. Jadi, disini saya simpulkan bahwa gaya hidup adalah sebuah fatamorgana atau sebuah imajinasi besar manusia terhadap hidupnya.

Di jaman sekarang, gaya hidup tak lagi menjadi kebutuhan sekunder. Dia berafiliasi dengan kebutuhan primer manusia. Seperti yang kita tahu, kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan manusia. Kebutuhan pokok manusia adalah sandang, pangan, dan papan.

Gaya hidup menjadi kebutuhan pokok


Bagaimana bisa, gaya hidup sebagai kebutuhan sekunder berangsur-angsur menjadi kebutuhan pokok (primer) bagi manusia ?  Karena menyesuaikan perubahan jaman dan terus meningkatnya kebutuhan manusia sehingga berdampak juga pada meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Kemajuan ilmu pengetahuan sekarang ini tidak terbendung lagi. Segi-segi yang dulu masih tertutup rapat, entah karena tabu atau wawasan dan pengetahuan manusia pada masa lampau masih terbatas, saat ini terasa kian tiada batasnya. Terbukti dewasa ini makin meningkatnya disiplin ilmu di masing-masing bidang ilmu tertentu.

Baca juga : Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin

Apalagi jika berbicara tentang teknologi informasi, semakin tiada batas. Tak lagi ada jarak ruang dan waktu. Apalagi sejak ditemukannya internet pada tahun 1969 yang awalnya dibentuk oleh departemen pertahanan Amerika Serikat melalui proyek lembaga ARFA, semakin membuat manusia menikmati kenyamanan dalam hidupnya.


Macam-macam gaya hidup


Ada 4 macam gaya hidup yang saat ini menjadi trend di masyarakat, khususnya di Indonesia, yaitu :
  1. Gaya Hidup modern
  2. Gaya hidup sehat
  3. Gaya hidup hemat
  4. Gaya hidup bebas
Tak bisa dipungkiri, 4 macam gaya hidup diatas, terbentuk karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikut ini ringkasannya.

Gaya hidup Modern. 


Coba kita lihat, adakah orang yang tidak mau menggunakan smartphone ? Rasanya tidak mungkin ya. Saat ini smartphone sudah menjadi bagian hidup manusia dan menjadi ciri modernitas. Semakin canggih smartphone yang digunakan, akan terkesan makin modern. Begitu juga dengan dunia otomotif, pabrikan mobil dan motor sangat gencar menawarkan produknya. Dunia fashion yang serasa tiada habisnya memberikan trend model terbaru. 

Gaya hidup sehat.


Ilmu pengetahuan di bidang kesehatan, telah mampu menemukan faktor penyebab penyakit yang jaman dulu tidak bisa diantisipasi sebelumnya. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab penyakit, manusia mulai menerapkan pola hidup sehat. Menjaga asupan gizi agar metabolisme tubuh tetap terjaga. Menghindari makanan tertentu yang menjadi sumber penyakit. Mengatur jam istirahat dan rajin olahraga,  serta menerapkan pola hidup sehat secara alami, menjadi trend yang saat ini diminati banyak orang.

Membanjirnya produk digital yang memberikan kemudahan terhadap penggunanya, memicu minat untuk memilikinya. Update dan pembaharuan terjadi sangat cepat. Membeli produk digital bulan ini, akan merasa ketinggalan bulan depannya. Louncing produk dengan penawaran memiliki sistem operasi dan spesifikasi yang lebih unggul, selalu muncul hampir setiap dua bulan sekali. Jika mengikuti ritme tersebut, siap-siap merogoh kantong lebih dalam. Untuk mengantisipasinya, diterapkanlah strategi pengaturan keuangan yang bertujuan untuk membuat skala prioritas pembelian agar bisa dilakukan penghematan.      


Gaya hidup bebas.


Semakin mudah dan nyaman kehidupan manusia dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin bebas juga manusia dari belenggu keterasingannya. Mau kemana saja tinggal sekali klik. Informasi dari dunia maya mengalir bagai air sungai ke lautan. Maka tak salah jika norma dan etika kadang tak lagi dihiraukan. perkembangan jaman semakin membuat orang bebas dalam berperilaku.

Jangan ikut ikutan, tentukan apa maumu


Sampai sini, saya ingin menyampaikan bahwa, sah-sah saja kita mau memilih dan menerapkan gaya hidup seperti apa, untuk memenuhi tuntutan jaman. Tetapi, jangan sampai kehilangan jati diri. Jangan sampai sikap dan perilaku kita, tidak mencerminkan identitas kita yang sesungguhnya. Jangan hanya ikut-ikutan biar dibilang kekinian.

Kecenderungan mengikuti trend, akhir-akhir ini makin menjadi-jadi. Seperti ketika demam batu akik sedang melanda masyarakat Indonesia beberapa tahun yang lalu. Rasanya gak keren kalau tidak memiliki batu akik. Jadi orang yang ketinggalan jaman. Atau trend bunga gelombang cinta dan sejenisnya. Menciptakan gaya hidupnya masing-masing.

Tentukan apa maumu dan tujuan mu. Hidup itu harus ada tujuan, jangan sampai hidup kita hanya mengalir mengikuti arus yang entah kemana muaranya. Memang, dijaman sekarang sangat sulit menentukan pilihan antara memprioritaskan kebutuhan primer atau sekunder. Karena keduanya sudah melebur menjadi satu, tinggal pintar-pintarnya kita menentukan prioritas sesuai passion kita masing-masing.
 
Salam.
wiwid kurniawan Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Gaya hidup manusia jaman sekarang ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel