Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pola hidup sehat secara alami



Pola hidup sehat, menjadi gaya hidup orang jaman sekarang. Berbagai cara dilakukan agar kondisi tubuh tetap terjaga kesehatannya. Mulai dari mengontrol pola makanan. Mengkonsumsi berbagai vitamin dan suplemen. Rutin mengikuti fitnes dan gym. Serta berbagai cara lain yang menghabiskan banyak biaya . Namun, adakah pola hidup sehat yang tidak mengeluarkan biaya ? Ada dong bro, yaitu cara hidup sehat secara alami.


dunia-fitnes


Pengertian hidup sehat



Sebelum kita bahas bagaimana menerapkan cara hidup sehat secara alami, ada baiknya kita memahami pengertian hidup sehat terlebih dahulu. Pola hidup sehat adalah kondisi dimana fisik dan mental seseorang berada pada tingkat kesehatan yang prima. Ketika kondisi tubuh dan perasaan kita tidak terbebani oleh penyakit maupun stres, disitulah kita berada pada kondisi hidup yang sehat. Jadi, pengertian hidup sehat mencakup fisik dan mental seseorang.  


Manfaat hidup sehat



Selain memahami pengertian hidup sehat, kita harus tahu juga manfaat pola hidup sehat. Apa saja manfaat yang akan kita dapatkan jika menerapkan pola hidup sehat ? Tentu ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut, 5 manfaat pola hidup sehat yang bisa kita dapatkan :

1. Terhindar dari berbagai penyakit, baik yang ringan maupun yang berat.

2. Stamina tetap terjaga, sehingga gerak badan kita tidak terbatasi.

3. Kesehatan mental tetap terjaga, tidak mudah stres dan panik.

4. Menjaga berat tubuh kita tetap ideal.

5. Terlihat awet muda dan bahagia.

Apakah pengertian dan manfaat hidup sehat diatas juga bisa kita dapatkan jika menerapkan cara hidup sehat secara alami ? Tentu saja bisa kita dapatkan, bahkan dampaknya bisa jauh lebih baik. Selain lebih hemat, lebih mudah menjalaninya, tidak memakan waktu, hasil yang paling penting adalah bisa membuat kita panjang umur. 


Pola hidup sehat secara alami



Menerapkan pola hidup sehat alami, banyak dilakukan orang belakangan ini. Gaya hidup sehat yang satu ini, menjadi pilihan yang digemari oleh kebanyakan orang. Sudah banyak terbukti, jika sering mengkonsumsi bahan makanan yang tidak mengandung bahan pengawet dan bahan kimia lainnya, mampu membuat tubuh selalu sehat dan bertenaga. 


Memang tidak mudah untuk selalu mengkonsumsi bahan makanan yang tidak mengandung bahan pengawet atau bahan kimia lainnya. Mengingat maraknya industri makanan olahan instant, setiap hari kita di bombardir dengan produk-produk yang tidak perlu repot mendapatkannya. Cara hidup sehat alami harus menjadi prioritas gaya hidup sehari hari. Dimulai dengan gaya hidup sederhana tanpa mementingkan gengsi. Sehari-hari belanja bahan makanan di pasar, langsung dapat dari petani dan dijamin kesegarannya.

Kadang faktor kebersihan menjadi penghalang. Begitu mendengar kata pasar, langsung kebayang suasananya ramai penuh sesak dan jauh dari kata bersih. Memang, bagi orang yang jarang pergi ke pasar tradisional, pasti memiliki pemikiran seperti itu. Tapi kondisi sekarang sudah berbeda. Pasar-pasar tradisional sudah banyak yang bersih dan rapi. Jadi jangan takut untuk belanja ke pasar ya.

Menerapkan pola hidup sehat secara alami tidak hanya melalui pemilihan bahan makanan, tapi gaya hidup kita sehari-hari turut menentukan. Banyak penawaran suplemen dan obat untuk antisipasi penyegah penyakit. Tahukah teman-teman, kenapa orang jaman dulu, biasa kita sebut generasi jaman old memiliki umur panjang ? Karena mereka mengkonsumsi suplemen dan obat alami, yaitu jamu gendong yang terbuat dari tanaman obat tradisional. Coba deh, mulai konsumsi jamu gendong saja sebagai pengganti suplemen yang mahal-mahal itu. Selain murah, sudah pasti alami.


Awet muda dan bahagia



Jika kita konsisten menjalankan pola hidup sehat secara alami, niscaya akan awet muda dan bahagia. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah melakukan olah raga secara teratur. Selain itu rajin mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran. Jika mengolah makanan, sebaiknya direbus, bisa juga dikukus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

Olah raga secara teratur, mampu membakar lemak dalam tubuh. Pilihlah olah raga yang menurut teman-teman menyenangkan dan tidak menyita banyak waktu. Bisa memilih olah raga di outdoor atau indoor. Sesuaikan saja menurut ketersediaan waktu dan tempat. Tapi harus konsisten ya, minimal 3 kali seminggu. Kalau bisa setiap hari, malah lebih bagus.

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Ini pesan khusus buat teman-teman yang tidak menyukai sayuran. Buah dan sayuran itu penting bagi tubuh dan banyak khasiatnya. Menyehatkan pencernaan kita. Jika banyak makan buah dan sayur, BAB jadi lancar. Bisa menurunkan tekanan darah. Menurunkan resiko tekanan jantung. Menurunkan resiko diabetes. Menyehatkan mata. Mencegah kanker. Masih banyak manfaat dan khasiat dari mengkonsumsi buah dan sayuran. Tapi pilih yang alami ya.

Hidup sehat tak harus mahal. Jalani gaya hidup sehat alami, pasti membuat kita awet muda dan bahagia.

Salam
wiwid kurniawan
wiwid kurniawan Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Posting Komentar untuk "Pola hidup sehat secara alami"