Cara menemukan Potensi diri sendiri

Konten [Tampil]
Cara menemukan potensi diri sendiri dengan tepat dan jadi bermanfaat untuk hidupmu.

Halo kangmas mbakyu, ada yang masih bingung mau jadi apa dan mau dikenal sebagai siapa dalam hidup kali ini? Atau sedang berusaha menemukan potensi apa yang sebenarnya dimiliki dan bisa dikembangkan sampai bisa sukses?

Kali ini, saya akan berbagi, cara menemukan potensi diri sendiri dan bagaimana mengoptimalkannya. Monggo disimak.

cara menemukan potensi diri sendiri

Sebelumnya, buat kamu yang ingin jadi anak muda keren, punya impian jelas dalam hidup, sukses dalam karir maupun cinta, silahkan ikuti channel kang wiwid untuk anak muda indonesia, disini.

Potensi diri sendiri


Potensi adalah kemampuan atau kekuatan diri seseorang baik yang belum terwujud maupun yang sudah terwujud, akan tetapi belum sepenuhnya terlihat atau belum digunakan secara maksimal oleh seseorang (wikipedia).

Sayang sekali ya, jika ternyata kita memiliki potensi besar dalam diri kita, tetapi tidak bisa memanfaatkannya untuk kemajuan hidup kita, karena masih terpendam. 

Ada orang yang merasa tidak bisa apa-apa dalam hidupnya. Ketrampilannya terbatas dan tidak memiliki bakat apa-apa.  Mau kerja yang mengandalkan fisik, tidak kuat. Kerja yang mengandalkan pemikiran juga tidak bisa.

Setiap hari, kerjanya hanya berangan-angan seandainya aku bisa melakukan pekerjaan ini, pekerjaan itu, pasti bisa jadi orang sukses dan terkenal. Apakah orang ini tidak memiliki potensi diri sama sekali ?

Mempunyai banyak bakat


Tapi, ada juga orang yang bisa mengerjakan macam-macam ketrampilan dan keahlian.

Bisa main musik, olahraga jenis apapun bisa, bisa video editing, bisa nyanyi, bisa jualan dan selalu dapat pelanggan, bisa bikin alat-alat perkakas rumah tangga.

Bisa menulis, Berbicara didepan umum, bisa benerin TV, kulkas, bahkan tambal ban juga bisa.

Saking banyaknya yang dibisa, jadi bingung mau nekunin bidang yang mana. Akhirnya semua dijalani, tapi gak sampai ahli.

Sebenarnya gak papa juga jalani hidup seperti itu, tapi saya yakin, dihati kecil ingin punya satu bidang yang ditekuni sampai benar-benar ahli dan dikenal orang sebagai ahli A, ahli B, ahli C, dan sebagainya.

Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, kamu berada ditempat yang tepat. Karena, saya akan membahas bagaimana cara menemukan potensi diri sendiri dan bagaimana menggali serta mengembangkannya.

3 kualitas potensi diri


Potensi diri berkaitan dengan 3 hal, yaitu kemampuan dasar, etos kerja, dan kepribadian seseorang. Kemampuan apa yang dimiliki dan seberapa maksimal etos kerja yang bisa dikembangkan, menjadi tolok ukur keberhasilan kita memaksimalkan potensi diri. Berikut ini keterangan dari masing-masing bagian :

a. Kemampuan dasar : tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika, dan daya tangkap.

b. Etos kerja : Ketekunan, ketelitian, efisiensi kerja, dan daya tahan terhadap tekanan.

c. Kepribadian : Pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan, serta kebiasaan seseorang. Baik jasmaniah, rohaniah, emosional, maupun sosial yang ditata dalam cara khas di bawah aneka pengaruh luar. 

Dari 3 komponen diatas, dapat disimpulkan bahwa potensi diri akan membuat seseorang berada pada kondisi prima secara mental maupun spiritual. Kemampuan untuk mengontrol bagaimana bersikap dan bertindak menjadi lebih sempurna, sehingga akan dikenal sebagai orang yang mempunyai kepribadian dalam hidupnya. 

Setiap orang memiliki ciri khas masing-masing. Tidak ada satu orang pun yang sama di dunia ini. Ketika ciri khas masing-masing orang bisa dimunculkan dan dikembangkan sedemikian rupa, disitulah potensi bawaan yang powerfull akan muncul. Lantas, bagaimana memunculkannya ? 

1.    Hidupmu harus bermanfaat untuk orang lain.

Sebagai mahluk sosial, manusia memiliki kemampuan dan kemauan untuk berinteraksi dengan orang-orang disekelilingnya. Interaksi sosial yang terjadi di lingkungan tempat tinggal, akan membentuk sebuah budaya. Buat keberadaanmu bermanfaat untuk orang-orang di sekelilingmu. Ketika kehadiran kita bisa memberi manfaat untuk orang lain, disitulah potensi kita akan terlihat dengan jelas. 

2.    Selalu menghargai perbedaan dalam hidup.

Sikap saling menghargai selalu ditekankan kepada kita semua. Dari keluarga sendiri, lingkungan kita, sejak di sekolah, bahkan dalam dunia kerja. Menghargai perbedaan adalah kunci terwujudnya persatuan. Ketika kita menghargai perbedaan dan mengakui masing-masing orang berbeda, bisa dipastikan kita tidak akan memaksakan kehendak diri sendiri ke orang lain. Dari situ akan muncul ciri khas masing-masing yang selanjutnya akan berkembang menjadi potensi diri.

3.    Menyadari siapa sesungguhnya dirimu.

Lebih mudah menilai orang lain daripada menilai diri sendiri. Lebih mudah mengevaluasi orang lain daripada mengevaluasi diri sendiri. Lebih mudah menyalahkan orang lain daripada menyalahkan diri sendiri. Jika sikap dan perilaku kita seperti itu, tidak akan bisa mengetahui siapa sebenarnya dirimu. Lingkungan adalah cermin dari sikap, sifat, dan perilaku kita, belajarlah dari situ.


Dengan menerapkan 3 hal diatas, kita bisa menemukan apa potensi yang kita miliki. Salam
wiwid kurniawan Seorang Blogger pemula yang belajar merangkai kata kata sederhana

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara menemukan Potensi diri sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel