Cara mudah percaya diri

Konten [Tampil]
Percaya diri termasuk sifat yang bisa dilatih dan dikembangkan sejak kecil sampai usia dewasa. Idealnya sih dari balita sampai usia 7 tahun mulai diberikan pengertian yang benar dan selalu ditanamkan terus menerus ke anak. Supaya ketika memasuki usia remaja, sudah siap menghadapi perubahan yang terjadi di lingkungan pergaulannya. Biar gak kaget dan gak merasa minder dengan lingkungan yang berbeda dari sebelumnya. 

cara agar percaya diri

Percaya diri adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan meyakini potensi yang dimiliki agar bisa digunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan sekitarnya. Supaya bisa memahami dan meyakini, pertama-tama harus mengetahui potensi apa yang dimiliki. Cara mudah mengetahui potensi diri sendiri sudah pernah saya tulis di artikel sebelumnya, silahkan di lihat kembali. 

Orang yang memiliki kepercayaan diri biasanya mempunyai inisiatif, kreatif, dan  optimis terhadap masa depannya. Mampu menyadari apa yang menjadi kelemahannya dan apa yang menjadi kelebihannya. Selalu berpedoman setiap persoalan pasti ada solusinya karena orang tersebut selalu berpikir positif. 

Berbeda dengan orang yang tidak percaya diri, dia cenderung tidak memiliki gairah dalam hidup karena selalu merasa tidak yakin akan apa yang dikerjakan. Jadinya gampang minder, apatis, pesimis, pasif, dan apriori. Dalam segala hal, orang ini tidak pernah merasa bersemangat. Hidupnya hanya mengalir seperti air tanpa ada yang diperjuangkan.  

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat percaya diri, langkah selanjutnya adalah bertanya ke dalam diri kita masing-masing, sudahkah kita percaya diri ? Apakah kita selalu optimis dalam hidup dan mampu membawa perubahan besar dalam hidup ?

Buat teman-teman yang masih merasa belum percaya diri atau masih ragu-ragu karena disaat tertentu sudah bisa percaya diri tetapi di lain waktu dan tempat menjadi minder dan pesimis, cara-cara berikut ini bisa dipraktekkan agar kepercayaan diri semakin meningkat. 

Tekuni satu bidang sampai mahir.


Sepertinya hal ini jarang dilakukan oleh orang, menekuni satu bidang yang disenangi sampai bisa menguasai dan menjadi mahir.

Tidak harus hal yang besar, bisa kita mulai dari hobi kita sehari-hari. Tentukan satu bidang yang disukai, misalnya menulis artikel, membuat prakarya/kerajinan tangan, menyanyi, bermain alat musik, memperbaiki mesin sepeda motor.

Pelajari terus sampai benar-benar menguasai satu bidang tersebut. Mungkin awalnya akan merasa bersemangat, lalu lama-lama akan  merasa malas. Segera kalahkan rasa malas jika mulai muncul.   

Jangan bandingkan dirimu dengan orang lain.


Setiap orang punya ciri khas masing-masing. Tidak ada satu orang pun yang sama di dunia ini. Maing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan. Jika kita selalu memandang kelemahan orang lain, akibatnya kita akan menjadi sombong karena merasa lebih dari orang itu.

Jika kita selalu memandang kelebihan orang lain, akibatnya kita akan menjadi minder karena tidak memiliki kelebihan seperti orang itu. Daripada membandingkan, segera upgrade kelebihanmu sendiri dan berusaha menerima kekurangan diri sendiri. Ini artinya kita berdamai dengan diri sendiri dengan menghargai perbedaan satu sama lain.

Terus belajar dan anggap dirimmu belum tahu apa-apa


Merasa belum tahu apa-apa akan mendorong diri kita untuk terus belajar. Berbeda jika kita merasa sudah tahu atau mungkin sok tahu, secara refleks membuat kita jadi malas untuk belajar dan mengembangkan lebih dalam lagi.

Sikap yang ingin selalu belajar karena merasa belum memiliki ilmu yang tinggi, akan mendorong kita untuk tidak malu bertanya dan mencoba. jika hal ini dilakukan terus menerus, lambat laun justru kita akan memiliki banyak ilmu untuk mengembangkkan bakat dan passion yang kita miliki.

Cara meningkatan percaya diri diatas bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jika ada kemauan disitu pasti ada jalan. Yang terpenting, teman-teman semua memiliki keyakinan tinggi untuk memulainya. Yakinlah bahwa tujuan yang telah ditetapkan pasti bisa menjadi kenyataan jika tidak ada keraguan didalam hati.    

Salam

wiwid kurniawan Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mudah percaya diri "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel