Tips percaya diri bicara di depan umum

Konten [Tampil]

Halo kangmas mbakyu, bertemu lagi dengan kang wiwid. Channel dan website untuk anak muda Indonesia.  Di artikel kali ini, saya akan berbagi tips percaya diri bicara di depan umum.

Percaya diri bicara di depan umum


Bisa tampil percaya diri di depan umum, bukan perkara yang mudah. Tapi, gak bisa juga di bilang sulit untuk dilakukan. Memang ada yang berbakat berani bicara dengan siapapun dan dimana pun sejak dia masih kecil. Tapi ada juga yang malu dan minder sejak kecil bahkan sampai dewasa.

Nah, buat kita-kita nih, yang masa kecilnya pemalu dan suka nangis waktu diminta maju sama pak guru untuk bicara didepan kelas, butuh latihan ekstra agar bisa percaya diri bicara di depan umum. Gimana latihannya? Nah, kamu harus tonton video ini sampai habis, supaya mendapatkan tips lengkap percaya diri bicara di depan umum.

Eits, gak cuma percaya diri lho, tapi juga lancar dalam berbicara, kalimatnya terstruktur, dan pesan penting yang ingin kamu sampaikan bisa dimengerti audiens. Monggo disimak...

Mungkin masih ada diantara kita yang sampai sekarang tetap malu dan gak percaya diri untuk bicara di depan umum. Entah di acara formal maupun semi formal. Di kampus, rapat karang taruna, di organisasi yang kita ikuti, dan ditempat-tempat yang mengharuskan kita bicara di depan.

Kalau hanya bicara di depan teman-teman waktu kumpul-kumpul bersama, saya yakin semua bisa dan gak ada tuh rasa minder atau takut salah ngomong. Nah itu modal utama kita untuk meningkatkan keberanian ketika berhadapan dengan audiens yang gak kita kenal dan diluar lingkungan pergaulan kita.

Perbanyak berlatih.


Untuk bisa percaya diri dan gak grogi, yang harus kamu lakukan adalah banyak berlatih dan mencoba. Ini ada kaitannya dengan jam terbang. Semakin tinggi jam terbang seseorang berbicara di depan umum, semakin bertambah kepercayaan dirinya. Ibaratnya seperti kamu ngomong didepan teman-teman kamu tadi. Udah berapa lama kamu lakukan itu, pasti sudah lama sekali, tapi kamu gak pernah menyadarinya.

Gimana supaya jam terbang kita bertambah banyak dan akhirnya jadi terbiasa, ya latihan terus setiap hari. Gak perlu nunggu ada acara yang mengharuskan kamu harus bicara di depan baru latihan. Kalau nunggu moment seperti itu, kamu gak akan pernah siap.

Ciptakan imajinasi siapa audiensmu, lalu mulailah berlatih menyampaikan satu topik ringan yang menurutmu penting untuk diketahui orang lain. Gak harus meluangkan waktu khusus untuk latihan. Kapanpun kamu bisa melakukannya, segera lakukan. Bayangkan dirimu sedang berada didepan ratusan orang, lalu mulailah berbicara selama satu menit tanpa jeda. 

Punya bakat sejak kecil

Cara seperti ini, akan membuat kita terbiasa ngomong dengan topik yang jelas. Lha, topik apa yang cocok buat latihan, kalau gak punya topik bahasan, mau ngomong apa?

Perbanyak wawasan.


Nah sekarang masuk latihan tahap 2. Perbanyak wawasan dengan banyak membaca dan belajar apapun yang kamu sukai. Jangan khawatir kehabisan bahan, di internet, banyak sekali wawasan-wawasan dan pelajaran yang bisa kita dapatkan. Ingat ya, mulailah dari hal yang ringan terlebih dahulu dan kamu interest dengan hal itu.

Misalnya nih, kamu suka masak dan baru saja menemukan artikel menarik soal masakan bergizi dari tanaman di sekitar kita. Nah, kamu bisa mulai berlatih sambil menyiapkan masakan untuk makan malam nanti.

Semakin sering kita berlatih, tanpa sadar, kosakata kita jadi bertambah dan struktur kalimat kita bisa jadi runut dan mudah dimengerti orang lain. Ketika, waktunya tiba kamu harus bicara di depan umum, gak akan kelimpungan karena sudah siap amunisi di kepala dan grogi pun jadi hilang.

Seberapa sering kita berlatih akan menentukan keberhasilan dalam usaha meningkatkan kepercayaan diri bicara di depan umum. Menurut Dr. Ivan Joseph, Direktur Atletik di Ryerson University, repetition atau melakukan latihan terstruktur berulang-ulang adalah kunci ajaib kesuksesan seseorang.

Nah, dengan menambah wawasan dengan berbagai cara yang bisa kita lakukan, seperti membaca, mendengar dan menonton video baik melalui youtube atau media yang lain, akan membuat kita memiliki segudang pengetahuan.

Latihan terus setiap hari, membuatmu siap menghadapi tantangan bicara di depan umum dengan percaya diri. Lancar berbicara dengan kalimat terstruktur, dan pesan yang ingin kamu sampaikan bisa diterima dengan baik.

Saya kang wiwid, terima kasih sudah menyimak sampai selesai. Jika ada masukan dan saran untuk pengembangan channel ini, bisa teman-teman sampaikan di kolom komentar.

Jangan lupa like, komen dan share jika artikel ini bermanfaat buat kamu. Sampai jumpa.

Sumber wawasan :
- Dr. Ivan Joseph : The skill of self confident. 


wiwid kurniawan Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips percaya diri bicara di depan umum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel