Apa Arti Motivasi

Konten [Tampil]
Apa arti motivasi - Dalam hidup, kita butuh Motivasi agar tidak mudah menyerah. Bisa berupa apapun dan dari siapapun. Bisa lewat kata kata bijak, saran dari teman, panduan dari youtube atau blog di internet, yang intinya bisa memotivasi hidup kita ke arah yang lebih baik.

Apa-Itu-Motivasi


Di Artikel kali ini saya akan membahas tentang apa arti motivasi dan kaitannya dengan hidup manusia. Motivasi untuk kerja, motivasi belajar, dan motivasi lain agar kita terus semangat dan optimis menjalani kehidupan.

Setiap orang butuh motivasi dari orang lain maupun dari diri sendiri. Ini berlaku bukan hanya saat kita berada dalam keadaan terpuruk saja. Namun, dalam keadaan stabil maupun ketika berada di puncak kesuksesan, kita tetap butuh dorongan semangat terus menerus.

Arti Motivasi


Motivasi berasal dari bahasa Latin "movere", yang berarti menggerakkan. 
  • Menurut Weiner (1990) motivasi didefenisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. 
  • Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. 
  • Menurut Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris "motivation" yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan.
(sumber wikipedia : Motivasi)

Sedangkan menurut KBBI, arti dari motivasi adalah :
"dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu"  

Arti yang lain :
"usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya"


Dari pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa motivasi mampu memberikan dorongan kepada seseorang untuk berubah dan bergerak dengan pebuh kesadaran dan kegairahan agar bisa mencapai apa yang di cita-cita kan.


Motivasi dalam bentuk kata-kata maupun dalam bentuk support lainnya, sangat penting untuk menumbuhkan semangat dalam hidup. Biasanya orang akan tergerak hatinya ketika mendengar dorongan bagaimana harus menghadapi segala persoalan yang dihadapi. Memotivasi maupun termotivasi, menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Motivator


Siapapun bisa jadi motivator bagi orang lain. Juga sebaliknya, siapapun bisa termotivasi oleh kondisi lingkungan disekitarnya. Semua berdasarkan pengalaman hidup yang dijalani. Pengalaman yang pahit maupun yang manis, bisa jadi guru untuk lebih maju dalam menghadapi realita kehidupan.  Tergantung dari sudut mana kita berpijak dalam melihat fenomena yang dihadapi.

Motivasi yang paling berpengaruh dan sebaiknya kita terapkan dalam hidup, adalah motivasi yang berasal dari pengalaman nyata seseorang. Bagaimana orang tersebut bisa keluar dari segala persoalan hidupnya. Pola pikir seperti apa yang dia terapkan dalam menghadapi problematika kehidupan. Paham atau filosofi apa yang mendorong dia mampu melewati tekanan yang dihadapi. Pengalaman seperti ini sangat lengkap secara praktek dan teori.

Memang, ada juga jenis motivasi yang muncul dari statement seseorang, tetapi tidak terlalu berasa sampai ke hati. Secara kata-kata, mungkin sangat berbobot dan bernilai, tetapi jika diucapkan atau di dengungkan oleh orang yang belum menjalani sendiri, rasanya kurang nendang untuk diikuti. Bukan berarti dia seorang motivator yang buruk, hanya saja, kata kata yang disampaikan kurang meresap sampai ke hati karena dia belum menjalani.

Ada banyak kategori motivasi yang umum kita kenal. Motivasi tentang hidup, motivasi untuk kerja, motivasi belajar, dan motivasi yang lain. Kita akan coba bahas satu persatu dari masing-masing kategori. Tentu dengan contoh kata-kata motivasi sesuai persoalan yang muncul didalamnya.

Apa Arti Motivasi hidup


Apa-arti-Motivasi-hidup

Hidup terus bergerak maju dan tak akan pernah sedikitpun berhenti untuk menunggu kita. Apalagi mundur untuk mengembalikan kondisi yang kita rasa tidak ideal di masa sekarang.

Kita harus mengikuti ritme sang waktu yang terus berjalan. Jangan pernah berpikir seandainya kondisinya tidak seperti sekarang. Terima segala yang kita jalani dalam hidup dan berpikir harus bagaimana untuk kedepannya.

Selalu optimis dalam menjalani hidup. Susah dan senang itu relative, tergantung bagaimana kita menyikapinya. Perasaan galau, kalah, takut, itu hanya ada dipikiran kita. Untuk melenyapkan perasaan seperti itu, kuncinya hadapi saja dengan ketulusan hati. Salah akui salah, belum mampu akui belum mampu, dan jangan pernah menutup diri dengan ego sendiri.

Kejujuran menjadi penyelamat kita dalam menghadapi hidup. Motivasi sebagus apapun, kalau kita tidak jujur dengan kondisi hidup kita yang sebenarnya, pasti akan menolak untuk menjalaninya. Jujur dengan perasaan memang kelihatannya mudah, tapi pada prakteknya sangat susah. Semua itu terjadi karena perasaan kita tertutup gengsi kita. Mengalahkan gengsi adalah PR seumur hidup kita dan mungkin akan jatuh bangun untuk mengatasinya.

Harus dimulai sekejap demi sekejap dan konsisten setiap hari. Terus mengingat dan praktek bahwa jujur adalah sumber kebahagiaan dan keberhasilan dalam hidup. Lama kelamaan akan menjadi kebiasaan dalam hidup sehari-hari. Ketika gengsi dan ego muncul, kita bisa cepat menyadarinya dan segera merubah sikap dan sifat kita. Hidup harus diperjuangkan tanpa ada yang harus di korbankan.

Apa Arti Motivasi Kerja


Apa-arti-Motivasi-kerja

Untuk mempertahankan semangat dalam bekerja, diperlukan konsistensi yang tinggi. Apalagi jika kerja yang dijalani tidak sesuai dengan passion, pasti sedikit berat untuk terus semangat. Namanya juga manusia, kadang semangatnya naik turun. Apalagi kalau tensi pekerjaan sedang tinggi dan dihadapkan pada kondisi yang sulit, akan membuat kita mudah menyerah dan berujung stres berkepanjangan.

Dalam bekerja, tujuan utamanya adalah klien kita merasa puas. Termasuk juga patner kerja kita, bos kita, maupun orang-orang di sekeliling kita, juga merasakan hal yang sama. Jangan sampai orang lain malah menjadi stres dengan hasil kerja kita. Tetapi, jangan sampai tujuannya hanya untuk cari muka didepan klien atau bos ya, pasti karir kita gak akan awet.

Jadikan kerja tim sebagai strategi kerja yang utama. Apapun jenis pekerjaannya, tidak bisa kita kerjakan sendiri. Kita butuh orang lain untuk menyelesaikannya. Apalagi di jaman sekarang, syarat mutlak untuk bisa sukses dalam bekerja adalah dengan membentuk tim yang akan menyelesaikan pekerjaan kita secara bersama-sama. Dengan adanya tim dalam bekerja, suasana akan tetap terjaga dan bisa menyemangati satu sama lain.

Fokus pada target kerja, jangan hanya fokus pada uangnya saja. Hal ini sangat penting untuk diterapkan dalam pekerjaan kita. Jika fokus kita pada hasil kerja, otomatis kita akan termotivasi terus menerus dalam mengembangkan skill dan kinerja kita. Tetapi, jika fokus kita pada uang atau imbalan yang akan kita dapatkan, pasti tidak akan mampu bertahan ketika terjadi deadlock dalam pekerjaan kita.

Semangat mau belajar dan terus mengembangkan diri menjadi kunci utama dalam menjalani karir. Apalagi menghadapi perkembangan teknologi informasi di jaman sekarang, mau tidak mau, kita harus bergerak mengikuti perkembangan yang terjadi. Strategi lama mungkin masih bisa digunakan, tetapi menjadi tidak relevan jika diterapkan di masa sekarang. Terus bereksplorasi agar sesuai dengan perkembangan jaman. Motivasi diri kita, bahwa kita masih perlu banyak belajar. Jangan malu bertanya dan berguru kepada siapapun.

Apa Arti Motivasi belajar

Apa-arti-Motivasi-belajar
Belajar tiada henti. Belajar tak melihat usia. Belajar bisa dimanapun dan dengan siapapun. Ungkapan ini bermakna agar kita terus belajar dan jangan berhenti atau merasa puas dengan apa yang kita miliki. Segala sesuatu di dunia ini terus berkembang sampai akhirnya menemukan bentuk baru yang sesuai dengan jaman. Seperti halnya pemikiran manusia, terus berkembang dan tak terbendung oleh apapun.

Jika kita bertahan pada pola pikir lama yang mungkin tak lagi relevan di masa sekarang, secara otomatis kita akan tergilas oleh jaman. Untuk itu, perlu terus menimba ilmu dan menambah wawasan agar hidup kita bisa berkembang kearah yang ideal sesuai kekuatan diri kita. Belajar memang berat, tetapi lebih berat menghadapi realita kehidupan.

Saat ini, media pembelajaran banyak disediakan di internet. Orang bisa belajar apapun dari internet, entah melalui search engine, youtube, maupun media sosial. Bahkan setiap hari, ada ribuan update wawasan dan pengetahuan baru di internet. Ini harus kita manfaatkan untuk mengembangkan wawasan dan pola pikir kita. Namun harus berhati-hati jika belajar dari internet, tak jarang banyak media yang menyesatkan. Untuk itu perlu mengetahui bagaimana belajar efektif melalui internet.

Kita bisa menerapkan metode belajar sedikit tapi mendapat pengetahuan melimpah. Metode ini sangat tepat diterapkan oleh siapapun dan dijamin akan mendapat manfaat yang besar dalam hidup kita. Jangan merasa sudah telat untuk belajar, karena tidak ada batasan untuk terus belajar.

Sampai disini dulu pembahasan tentang apa arti motivasi. Seiring berjalannya waktu, artikel ini akan terus di update demi pemutakhiran data dan kontekstual pembahasan.

Salam.
wiwid kurniawan Tidak ada kata terlambat untuk belajar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa Arti Motivasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel